BUPATI KLUNGKUNG MINTA PDAM SURVEI PANTAU KELUHAN MASYARAKAT

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA - Bupati KlungkungNyoman Suwirta secara khusus melakukan rapat dengan PDAMKlungkung agar timbul berbagai permasalahan di bidang manajemen maupun pelayanan.

Hampir dua jam, Bupati Suwirta melakukan pertemuan sekaligus dialog mengenai permasalahan yang selama ini dihadapi olehPDAM klungkung bersama jajaran Direksi, Pengawas dan Karyawan PDAM Klungkung, di ruang rapat kantor PDAM, diSemarapuraKlungkungBali, Selasa (23/6/2015) sore.

Di hadapan peserta rapat, Bupati menyampaikan berbagai permasalahan pelanggan dapat tertangani langsung apabila petugas mampu melakukan survei ke lapangan sesering mungkin.

“Masing-masing unit sekali-sekali lakukan survei ke lapangan,” pinta Bupati Suwirta. Dengan melakukan survei langsung ke lapangan dan memberikan service excellent kepada pelanggan, nantinya petugas akan langsung mengetahui permasalahan atau keluhan para pelanggan.

“Dengan service excellent kita tahu apa permasalahan pelanggan. Jangan sampai pelanggan yang menyampaikan keluhan kepada kita,” ujarnya.

Sesuai visi PDAM Klungkung menjadikan perusahaan yang mandiri, Bupati menilai PDAM Klungkung harus mempunyai pendirian tersendiri dan tidak boleh ada tekanan dari siapapun.

Selain itu, sebagai perusahaan, PDAM diharapkan tidak selalu menunggu dana penyertaan dari pemerintah.

“Yang namanya perusahaan yang mandiri tidak selalu menunggu dana penyertaan dari pemerintah. Apalagi asetnya sekarang sudah mencapai Rp 29 miliar,” ujar Bupati Suwirta.

Terkait target pelayanan, Bupati meminta PDAM tidak memasang target realisasi terlalu lama, mengingat masih banyak masyarakat yang belum terlayani.

“PDAM harus berani membuat terobosan baru. Jangan hanya bekerja pada ring yang aman,” pintanya.

Terkait hal tersebut, Bupati meminta PDAM Klungkung membuat pemetaan atau gambaran yang jelas tentang daerah yang sudah terlayani, yang belum terlayani dan tidak bisa dilayani oleh PDAMKlungkung, sehingga nantinya kita bisa mencarikan solusi, ke depannya berbuat apa? Dan bisa menjelaskan secara jelas kepada masyarakat.

“Yang sulit-sulit ini kita koordinasikan dengan Dinas PU atau Bappeda,” imbuh Bupati Suwirta.

Selain itu, Bupati Suwirta berharap jajaran pengawas mampu memberikan pengawasan yang maksimal terkait pelayanan maupun jalannya manajemen PDAM Klungkung.

“Pengawas harus berani mengatakan jangan kalau ada yang melenceng yang dilakukan pihak direksi,” harapnya.

Kepada seluruh karyawan PDAM Klungkung melalui pertemuan ini dirinya berharap agar dijadikan motivasi dalam bekerja dan berharap agar seluruh karyawan lebih meningkatkan rasa memiliki untuk membuat PDAM lebih bagus ke depan.